Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Candra D"Virgo
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Search This Blog


Sejarah Flora Indo Malayan

Sejarah Flora Indo Malayan


 
 
 
 
Sejarah flora Indo Malayan berawal dari pemikiran seorang zoologist berkebangsaan Inggris, Alfred Wallace. Afred Wallace ini melihat adanya keterkaitan antara tipe-tipe hewan dengan suatu wilayah. Pendekatan yang dilakukan Alfred Wallace ini dikenal dengan pendekatan biogeografi. Berdasarkan pendekatan biogeografi, kekayaan flora di Indonesia dibagi menjadi 2 kelompok. Yaitu kelompok Indo Malayan dan kelompok Indo Australian. Kedua kelompok flora tersebut dibatasi oleh garis Wallace dan garis Lydekker.
 
 
Flora Indo Malayan meliputi tanaman yang berada di wilayah Indonesia Barat dimana wilayah ini meliputi Jawa, kalimantan, Sumatera, dan Bali. Flora Indo Malayan didominasi oleh jenis meranti-merantian, terdapat ebebrapa jenis rotan, serta memiliki berbagai jenis pohon nangka. Penyebaran flora di Indoensia sangat dipengaruhi oleh keanekaragaman hayati serta posisi geografis Indoensia yang sangat menguntungkan. 
 
 
Flora Indo Malayan yang merupakan hasil dari pendekatan biogeografi ini sangat dipengaruhi oleh posisi Indonesia yang berada di wiayah Malesiana. Kawasan malesian ini terdiri dari Indonesia, Philipina, Semenanjung Malaya dan Papua Nugini. Kawasan ini dibatasi oleh 3 simpul demarkasi yang masing-masing terletak di selat Torres di bagian selatan, Jazirah Kra (Thailand) di bagian barat, dan di ujung utara pulau Luzon (Philipina).
 
 
Negara kepulauan seperti Indonesia sangat rentan terhadap kerusakan habitat. Hal ini disebabkan oleh pola penyebaran flora yang terbatas serta populasinya relatif lebih kecil. Walaupun demikian, Flora Indo Malayan yang oleh beberapa ahli disebut flora kepulauan Wallace ini sebagian besar terdiri dari flora asli Indonesia. Sehingga sudah sepatutnya kita ikut melestarikannya. Apalagi secara teori flora Indo Malayan ini merupaka pembentuk mayoritas terbesar dari malviflora yang ada di dunia ini, terutama di wilayah Asia Tenggara 
 

Video Flora Indonesia Tengah

Dalam video ini akan diperlihatkan berbagai jenis flora Indonesia tengah
(indahf/Carapedia)


Pencarian Terbaru (100)
Flora tipe oriental. Contoh flora malesiana. Flora indonesia tengah. Flora tipe australis di indonesia. Pengertian flora malesiana. Kawasan malesiana. Tumbuhan tipe indo malaya.
Flora malesiana. Flora tipe malesiana. Flora oriental. Tumbuhan tipe indomalaya. Flora indo malayan. Ciri flora indonesia. Tumbuhan indomalaya.
Contoh hewan indo malaya. Ciri ciri hewan bertipe malesiana. Kelompok flora oriental. Sejarah flora. Flora tengah. Contoh tumbuhan indo malaya. Contoh tumbuhan malesiana.
Gambar flora oriental. Kelompok flora dan fauna di indonesia. Fauna malesiana. Keanekaragaman hayati flora di indonesia. Peta persebaran fauna di indonesia. Tumbuhan tipe malesiana. Peta biogeografi.
Flora malaysiana. Flora indo malaya. Flora indomalaya. Ciri ciri hewan malesiana. Flora dan fauna malesiana. Persebaran flora asiatis. Pengertian flora bertipe malesiana.
Flora di asia tenggara. Hewan malesiana. Hewan bertipe malesiana. Pengertian malesiana. Flora tipe malaysiana. Peta kawasan malesiana. Contoh flora indo malayan.
Macam macam flora malesiana. Fauna indo malaya. Flora tipe indo malaya. Tumbuhan malesiana. Contoh contoh flora malesiana. Tipe indo malaya. Tipe malesiana.
Hewan dan tumbuhan malesiana. Contoh flora tipe malesiana. Jenis flora tipe malesiana. Yang termasuk flora indo malaya. Contoh tumbuhan tipe indo malaya. Hewan bertipe asia australia dan peralihan. Tipe flora keanekaragaman hayati indonesia.
Contoh flora malaysiana. Kekayaan flora malesiana di indonesia. Keanekaragaman hayati (flora fauna). Gambar flora di indonesia dan penjelasan. Contoh flora malesiana di indonesia. Flora di indo malaya. Flora pulau bali.
Keanekaragaman hayati tipe peralihan. Contoh hewan tipe malesiana. Gambar tumbuhan indomalaya. Flora dan fauna tipe malesiana. Flora malesiana dan flora fauna di indonesia. Pola penyebaran keanekaragaman flora di indonesia. Pengertian indo malaya.
Keanekaragaman flora di indonesia beserta penjelasanya. Flora bertipe malesiana. Flora philiphina. Persebaran flora malesiana. Gambar flora bertipe malesiana. Ciri hewan bertipe malesiana. Ciri hewan malesiana.
Ciri flora malesiana. Pandangan wallace tentang keanekaragaman hayati. Keanekaragaman flora di indonesia. Nama dan jenis flora asiatis. Ciri2 flora malesiana. Keanekaragaman hayati indonesia flora. Contoh fauna tipe indomalaya.
Tumbuhan khas indonesia dan persebaran. Flora bertipe malaysiana. Ciri ciri flora malesiana. Tabel flora dan fauna di daerah oriental malesiana dan australia. Keanekaragaman tumbuhan khas biogeografi indonesia. Keanekaragaman hayati flora dan fauna indonesia. Macam macam tumbuhan malesiana.
Kelompok flora asiatis di indonesia. Contoh flora dan fauna yang ada di daerah malesiana. Tumbuhan yang khas dalam flora malesiana. Gambar flora tipe malesiana. Contoh flora tipe malaysiana. Penjelasan flora fauna di asia tenggara. Macam macam tumbuhan khas di indonesia.
Ciri ciri flora dan fauna di wilayah oriental. Flora wilayah wallacea.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

ini nama tumbuhan nya tumbuhan apa

Posting Komentar