Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Candra D"Virgo
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Search This Blog


Mitologi Dewa Dewi Yunani

Kemarin sewaktu saya merapihkan koleksi DVD saya, saya menemukan film-film Saint Seiya yang sudah lama tertimbun dalam tumpukan DVD. Dan yang menarik saya juga menemukan secarik kertas yang berisi catatan saya dulu mengenai dewa-dewi Yunani kuno, yang karakternya banyak digunakan sebagai tokoh-tokoh dalam Film Saint Seiya.
Pada artikel saya kali ini saya akan membahas mengenai Dewa Dewi Yunani. Beserta tugas dari para Dewa Dewi tersebut.  Setiap dewa dewi dalam Mitologi Yunani memiliki setidaknya satu unsur yang dikuasai dan dilindunginya. Unsur itu masing-masing adalah :
  1. Zeus adalah pemimpin para dewa, penguasa Olimpus, dewa iklim dan cuaca.
  2. Hera, istri Zeus, adalah dewi pelindung pernikahan, pengorbanan dan kesetiaan.
  3. Poseidon adalah dewa laut.
  4. Ares adalah dewa perang dan pembantaian.
  5. Hermes adalah dewa penunjuk jalan, pelindung para petualang,penggembala dan penghiburan. Ia juga utusan dewa Zeus.
  6. Hefestus adalah dewa api, tukang kayu, penempa besi dan pengrajin senjata.
  7. Aphrodite adalah dewi cinta, seks dan keindahan fisik.
  8. Athena adalah dewi kebijaksanaan, perang, keindahan jiwa, seni dan pendidikan.
  9. Apollo adalah dewa cahaya, musik, tarian, obat-obatan dan pelindung para pepanah.
  10. Artemis adalah dewi pelindung hewan, perburuan, kesuburan dan kesucian.
  11. Demeter (Denieter) adalah dewi bunga, tumbuh-tumbuhan, makanan, argraris  dan pelindung bahtera perkawinan.
  12. Hestia adalah dewi pelindung rumah, keluarga dan perapian.
Di samping ke 12 Dewa-Dewi Utama, terdapat pula dewa-dewi yang peranannya lebih rendah. Ibaratnya menteri atau menteri negara yang pangkatnya di bawah menteri koordinator. Mereka adalah :
  1. Helios (dewa matahari)
  2. Eos (dewi fajar)
  3. Phaeton (putra Helios)
  4. Selene (dewi bulan)
  5. Nike (dewi kemenangan)
  6. Asklepios (dewa ilmu pengobatan)
  7. Eros/Amor (dewa asmara)
  8. Psyche (dewi kejiwaan)
  9. Charite/Gratiae (dewi kecantikan dan keluwesan)
  10. Aiolos/Aeolus (dewa angin)
  11. Iris (dewi pelangi)
  12. Ganymedes (pelayan para dewa-dewi)
Di antara dewa-dewi lautan yang paling dihormati adalah Poseidon (dewa lautan), sementara dewa-dewi bumi yatig paling berperan adalah Dionysos/Bakchos (dewa anggur), Nymphae (dewi hutan), Pan (dewa pelindung para gembala), dan Okeanos (dewa sungai besar). Sedangkan dewa-dewi alam baka yang paling disembah adalah Hades (dewa penghantar roh).
Ada cerita unik mengenai Ibukota Yunani sekarang bernama Athena Nama ini berasal dari dewi Pallas Athena Konon pada awalnya ibukota Yunani belum mempunyai nama. Kemudian Pallas Athena berlomba dengan Poseidon untuk memberi nama dan menjadi pelindung kota tersebut.
Syaratnya, barang siapa dapat memberikan hadiah yang paling berguna kepada kota tersebut akan dipilih menjadi pemenang.
Poseidon menancapkan tongkat trisulanya ke dalam tanah, maka tercipta laut dan kuda yang pertama. Sementara Pallas Athena menancapkan tombaknya ke dalam tanah sehingga tumbuh pohon zaitun. Setelah itu Pallas Athena mengajari rakyat kota tentang kegunaan batang, daun, dan buah pohon tersebut. Itulah yang membuat Pallas Athena memenangkan persaingan karena dipilih mayoritas masyarakat kota.
Sebagai persembahan, di kota Athena dibangun sebuah kuil yang disebut Parthenon. Kuil ini terletak di atas bukit Akropolis. Di dalamnya terdapat patung Athena berbahan emas dan gading. Pembuatnya adalah pemahat terkenal Pheidias (Fidias) dibantu Iktinus dan Kalikrates sebagai arsitek-arsiteknya.
Selain cerita mengenai asal muasal nama dari Ibukota Yunani ada beberapa cerita lain yang berhubungan dengan Mitologi Dewa-Dewi Yunani. Astrologi atau horoskop Barat, misalnya, mengenal berbagai zodiak. Zodiak-zodiak ini berasal dari mitologi Yunani (Mitologi Yunani, 1977).
Dalam satu mitologi dikisahkan Kronos dan Rhea melahirkan Zeus. Karena takut ditelan Kronos, Rhea membawa Zeus kepada seekor kambing Almatheia untuk disusui. Sebagai ucapan terima kasih kemudian Zeus menempatkannya sebagai lambang zodiak Aries (bergambar seekor kambing).
Kronos merupakan salah satu titan, putra dari Uranus dan Bunda Bumi (Gaia), yang dilemparkan ke dalam Tartarus oleh Uranus karena ulahnya yang kurang pantas. Istri Uranus, Bunda Bumi, sangat sedih sehingga diam-diam menemui para titan, yang bersama-sama Kronos dilemparkan ke Tartarus, dan menyuruh mereka melawan Uranus. Hanya Kronos yang berani melawan Uranus sementara para titan yang lain tidak berani. Singkat cerita, Kronos mengalahkan Uranus dan melakukan kudeta.
Dari tahta yang direbutnya, Kronos memerintah dunia yang penuh dengan keributan, pengkhianatan, kebencian, penderitaan, dendam, dan peperangan. Kronos hidup dalam ketakutan akan kutukan dari ayahnya, Uranus, yang mengatakan bahwa Kronos pun akan mengalami nasib yang sama dengan Uranus yaitu dikhianati oleh anaknya sendiri. Karena ketakutannya itu, Kronos nekad menelan semua anak yang dilahirkan oleh istrinya, Rea. Anak-anak yang ditelannya adalah Hera, Demeter, Hestia, Hades, Poseidon. Hanya satu anak yang luput karena disembunyikan oleh Rea yaitu Zeus yang nantinya akan menggulingkan Kronos persis seperti kutukan Uranus.
Mitologi lain mengisahkan Diskouroi, anak kembar Zeus dengan Putri Leda Diskouroi adalah penunjuk jalan dan pelindung para pelaut. Karenaberjasa, mereka berdua dianugerahi penghargaan sebagai lambang zodiak Gemini (bergambar orang kembar).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar