Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Candra D"Virgo
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Search This Blog


Metode Pendekatan Biogeografi

Metode Pendekatan Biogeografi


 
 
 
 
Biogeografi adalah ilmu yang mempelajari distribusi tumbuhan dan binatang di bumi ini. Di dalam biogeografi terdapat bidang biogeografi ekologi, yatu mempelajari hubungan antara lingkungan dan organisme untuk mengetahui kapan dan dimana organisme tersebut ditemukan. Organisme memerlukan tempat khusus untuk hidup yang disebut habitat. Habitat sangat tergantung pada iklim, yang meliputi ketersediaan air, kelembaban, suhu, cahaya matahari, dan angin. Faktor lingkungan ini yang akhirnya menentukan pola persebaran flora dan fauna.
 
Seorang zoologist berkebangsaan Inggris, Alfred Wallace, melihat adanya keterkaitan antara tipe-tipe hewan dengan suatu wilayah. Pendekatan yang dilakukan Alfred Wallace ini dikenal dengan pendekatan biogeografi. Berdasarkan pendekatan biogeografi, kekayaan hayati Indonesia dibagi atas dua kelompok, yaitu Indo Malayan dan Indo Australian. Daerah peralihannya ditandai dengan garis Wallace dan garis Lydekker.
 
Kelompok Indo Malayan meliputi tanaman yang ada di kawasan Indonesia Barat, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali. Kelompok Indo Australian meliputi tanaman yang ada di kawasan Indonesia Timur, yaitu Sulawesi, Nusa tenggara, Maluku, dan Papua. Karakteristik flora di Indonesia bagian barat dan timur juga memiliki perbedaan. Dilihat dari karakteristiknya, flora di Indonesia bagian barat adalah memiliki jenis meranti-merantian yang sangat banyak. Sedangkan karakteristik flora di Indonesia bagian timur adalah memiliki jenis tumbuhan matoa serta memiliki banyak tumbuhan sagu.
 
Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pendekatan biogeografi berasumsi (walaupun tidak selalu tepat) bahwa kawasan konservasi merupakan "pulau habitat" yang terisolasi dalam matriks kawasan dengan kondisi yang tidak sesuai serta tidak terlindungi. Kenyataannya, banyak spesies yang mampu untuk menyebar melalui matriks yang tidak dilindungi tersebut.
 

Video flora Indonesia bagian tengah

Dalam video ini akan diperlihatkan beberapa jenis flora yang terdapat di Indonesia bagian tengah
(indahf/Carapedia)


Pencarian Terbaru (100)
Biogeografi. Pendekatan biogeografi. Pengertian biogeografi. Sejarah terjadinya daerah biogeografi. Konsep biogeografi. Biogeografi adalah. 6 daerah biogeografi menurut alfred russel wallace.
Sejarah biogeografi. Metode pendekatan. Sejarah daerah biogeografi. Hubungan biogeografi dengan biokonservasi. Biogeografi indonesia. Wilayah penyebaran organisme. Bio geografi.
Biogeografi pulau. Sejarah 6 daerah biogeografi. Ilmu biogeografi. Daerah biogeografi. Daerah persebaran biogeografi. Arti biogeografi. Maksud biogeografi pulau.
Pembagian wilayah zoogeografi. Persebaran flora dan fauna di indonesia berdasarkan daerah. 6 daerah biogeografi. 6 daerah biogeografi menurut alfred. Sejarah terjadinya 6 daerah biogeografi. Definisi biogeografi. Biogeografi jawa barat.
Pdf pola persebaran tumbuhan. Enam daerah biogeografi menurut alfred russel wallace. Konsep biogeografi pulau. Apa yang di maksud dengan biogeografi. Hubungan biogeografi dengan biokonservasi.. Pengertian biogeografi indonesia. Flora yang dilindungi di indonesia dan daerah penyebarannya.
Pengertian garis lydekker. Komentar tanaman yang dilindungi di indonesia. Contoh dan ciri ciri fauna indonesia berdasarkan biogeografinya. Ciri hewan daerah garis wallace. Biogeografi kepulauan. Pengertian biogeografi indonesia dan hubungannya dengan fauna indonesia. Biogeografi persebaran hewan dan tumbuhan di dunia.
Pendekatan dan metode cara memperoleh ilmu pengetahuan. Biogeografi.pdf. Karakteristik wilayah garis wallace. Habitat yang terisolasi. Matoa di papua secara biogeografi. 6 daerah biogegrafi menurut alfred russel wallace. Distribusi flora dan fauna.
Terjadinya daerah biogeografi di indonesia. Distribusi flora indonesia. Cara dan metode pengelolaan biokonservasi. Kelembaban. 6 biogeografi menurut alfred russel wallace. Gambar daerah penyebaran organisme batas wilayah yang ada di indonesia. Metode dan isi dalam mempelajari ilmu pengetahuan hubungan internasional.
Ciri ciri flora dan fauna daerah biogeografi. Biografi/pesebaran organisasi. Video biogeografi flora dan fauna. Gambar wilayah penyebaran organisme didunia. Persebaran flora dan fauna ditinjau biogeografi. Daerah biogeografi indonesia. Tumbuhan berdasarkan wilayah.
Daerah penyebaran organisme dunia. Wilaya persebaran biogeografi. 6 daerah alfred russel wallace. Gambar batasan wilayah organisme yang ada di indonesia bagian barat. Pendekatan fauna. Distribusi biogeografi. Pdf daerah persebaran flora.
Tumbuhan yang ada menurut wilayah biogeografi. 6 daerah biogeografi menurut alfred wallacea. Biogeografi hewan autralian. Berdasarkan pendekatan biogeorafinya kekayaan hayati indonesia dibagi atas dua klompok yaitu indo malayan dan indo australian. Alfred russel wallace biogeografi. Biogeografi berdasarkan apa saja. Gambar persebaran ekosistem tumbuhan.
Pengertian bio konservasi. 6 daerah biogeografi menurut wallace dan karakteristiknya. Biogeografi menurut alfred russel wallace. Karakteristik russel. Pembagian wilayah biogeografi dindonesia menurut garis wallace. Pengertian ilmu biogeografi. Perbedaan umum flora dan fauna antara indonesia bagian barat dengan indonesia bagian timur menurut biogeografi.
Persebaran flora dan fauna di dunia berdasarkan biogeografinya. Tumbuhan biogeografi. 6 perbedaan ekosistem menurut alfred. Konsep pendekatan biogeografi. Video tentang biogeografi di dunia. Pola persebaran kawasan hewan dan tumbuhan di indonesia berdasarkan gambar. Penyebaran matoa secara biogeografi di indonesia.
Tuliskan enam daerah biogeografi menurut alfred russel wallace. Sejarah enam daerah biogeografi. Sebutkan 6 daerah biogeografi dunia menurut wallace. Biogeografi tumbuhan sumatera pdf. Sejarah biogeografi kepulauan indonesia. Daerah biogeografi serta sejarah terjadinya. Arti dari garis wallace.
Kesimpulan persebaran flora dan fauna. Sejarah umum terjadinya biogeografi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar